Panduan Belajar Gitar

Blog Ini Akan Membimbing Anda Dengan Cepat dalam bermain gitar

Mengenal Bagian Pada Gitar Bass

Panduan Belajar Gitar - Anatomi Bagian Pada Gitar Bass. Mempelajari anatomi atau bagian-bagian gitar bass bisa dikatakan sangat penting untuk menambah pengetahuan kita nantinya saat mempelajari gitar bass lebih dalam. Hal ini sangat berguna untuk diterapkan pada saat kita Menyetem gitar bass, membersihkan gitar bass.
memperbaiki gitar atau pun memilih gitar bass untuk kita beli.

Beberapa bagian pada gitar bass yang harus kita tahu adalah fretboard, tunner dan neck gitar bass. Mungkin bagian lain tidaklah terlalu penting, Tapi jangan juga menyepelekannya.
Di sini Panduan Belajar Gitar akan memberikan pengenalan gitar berupa gambar dan dilengkapi dengan pembahasan.

Mempelajari Bagian-Bagian Gitar Bass:
Di bawah ini adalah gambar bagian-bagian gitar bass elektrik.


Anatomi Gitar Bass

1. Headstock (Kepala) :
Headstock gitar bass ada di bagian paling atas gitar. Bagian ini terbuat dari kayu yang pada bagiannya terdapat tunner yang terbuat dari logam dan juga nut. pada bagian ini sang perusahaan pembuat gitar mencantumkan logo nama/merek gitar mereka . Biasanya bagian ini juga mempunyai karakter untuk sendiri-sendiri tergantung dari si pembuat gitar.

2. Nut :


Nut Gitar Bass

Nut adalah sebuah bantalan kecil yang digunakan untuk menyangga senar gitar agar bunyi yang keluar terdengar nyaring. Tanpa nut maka suara gitar tidak akan terasa nyaring. Hampir semua merk gitar mempunyai nut yang sama yaitu putih.

3. Tunner :


Bagian Tunner Gitar Bass


Tunner gitar bass terdiri dari 4 buah. Tergantung dari jumlah senar yang ada, Satu senar mewakili satu tunner. Bahkan baku dari tunner gitar bass adalah material mekanik yang sangat kuat yaitu logam, baik itu jenis tembaga, besi, stainles stel bahkan titanium. Fungsi dari tunner adalah untuk mengatur kekencangan sebuah senar, sehingga senar bisa di setem.
atau bahasa lainnya tuning.

4. Fret :

Fretboard Gitar Bass

Fret adalah besi melintang pada fingerboard/fretboard. Fret terbuat dari bahan logam. Fungsi dari fret sangatlah vital karena untuk menentukan nada/suara pada senar.

5. Neck (Leher) :

Bagian Neck Pada Gitar Bass

Leher gitar bass adalah tempat tangan kiri kita memegang gitar. Leher gitar yang bagus adalah yang lurus sempurna. Jika leher gitar sudah melengkung maka dipastikan gitar tersebut sudah tidak bagus lagi. Leher gitar ini terbuat dari kayu solid berkualitas tinggi.

6. Penghubung :



Bagian Penghubung Gitar Bass


Penghubung adalah kayu solid yang digunakan untuk menghubungkan antara neck (leher) dengan badan gitar (bodi).

7. Bodi (Badan) :



Bagian Bagian Gitar Bass


Badan gitar adalah bagian yang paling menonjol pada gitar, karena hampir 85% gitar terdiri dari badan gitar. Badan gitar juga menjadi ikon tersendiri bagi para pemegang hak cipta gitar. Bentuk dari badan gitar sangatlah beragam dan bervariasi tergantung yang membuat gitar.

8. Bridge :


Bagian Gitar Bass


Bridge gitar bass sangat memegang peranan penting bagi kualitas gitar bas. Bridge yang jelek akan menyebabkan senar gitar bass kurang optimal, mudah kendor dan sebagainya. Berbeda dengan bridge gitar akustik yang terbuat dari bahan kayu, Bridge gitar elektrik terbuat dari bahan logam yang kuat dan kokoh. Bridge pada bas juga bisa distel.

9. Pick Guard :



Bagian Bagian Gitar Bass


Pick Guard pada gitar bass adalah bagian berwarna hitam pada sebagian bodi gitar. Fungsinya adalah untuk melindungi bodi dari gesekan pick. Tentu saja karena bodi gitar terbuat dari kayu, Sedangkan Pick Guard terbuat dari bahan yang kuat. Pick Guard juga terdapat pada jenis gitar yang lain, Yaitu gitar akustik dan elektrik.

10. Pick Up :


Bentuk Pick Up Gitar Bass


Pick up memegang peranan paling penting untuk gitar bass elektrik. karena bagian ini sangat menentukan jenis suara dan kualitas suara yang dihasilkan gitar bas. Pick up yang berkualitas dan bermerek akan sangat baik dibanding pick up biasa. Fungsi dari pick up ini adalah untuk menangkap frekuensi dari senar gitar yang akan diubah menjadi sinyal analog dan disalurkan ke ampli gitar bass.

11. Senar (String) :



Senar Gitar Bass


Senar juga merupakan hal terpenting dari sebuah gitar, karena gitar belumlah lengkap jika tidak dilengkapi dengan senar. Jenis senar gitar sangatlah beragam karena setiap senar mempunyai karakteristik suara yang berbeda-beda, Jumlah senar gitar bass pada umumnya berjumlah 4, Yaitu senar 1, senar 2 , 3 dan senar 4. Masing-masing senar juga mempunyai nada yang berbeda-beda yaitu, E , A , D , G (Standar Tunning).

12. Fingerboard/Fretboard :


Fretboard/Fingerboard Gitar Bass

Fingerboard yang berarti papan jari, yaitu adalah bagian di mana kita menempatkan jari-jari kita untuk menekan senar pada fret tertentu. Fingerboard terdapat pada bagian depan dari leher giatr (Neck).

13. Volome/Tune Control :
Volume berguna untuk mengecilkan suara dan mengencangkan suara yang dihasilkan, sedangkan tune control berfungsi untuk mengatur tone pada gitar bass.

14. Jack Output :
Jack outpout adalah bagian yang digunakan untuk menghubungkan gitar bass dengan ampli gitar. Jack output ini berbentuk sebuah lubang , Yang bisa dimasuki jack. Biasanya bagian ini terdapat di bagian bawah gitar.

Demikian artikel tentang Mengenal Bagian Gitar Bass . Semoga dapat memperdalam ilmu kalian tentang musik.

0 Response to "Mengenal Bagian Pada Gitar Bass"

Post a Comment