Panduan Belajar Gitar

Blog Ini Akan Membimbing Anda Dengan Cepat dalam bermain gitar

Belajar Gitar Bass Dengan Mudah

Mempelajari Gitar Bass Dengan Mudah - Kali ini saya akan membahas cara mudah dalam bermain bass. Sebelum kita mulai membahas caranya alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan gitar bass, Berikut penampakannya :


Belajar gitar bass secara otodidak


Gitar bass memang berbeda dari gitar akustik atau pun elektrik.
Untuk penampakan gitar bass seperti di atas, Itu merupakan bentuk gitar bass secara standar. Dengan spesifikasi senar empat buah yang besar.

Lanjut kita bahas cara belajar gitar bassnya :

-  Cara Memetik Senar Bass :

Kalau main gitar bass petik senar satu persatu.

- Posisi Tangan Pada Gitar Bass :


Belajar Gitar Bass


1. Posisi jari tangan kanannya harus seperti digambar biar lebih gampang.
Menggelantung dari atas ke bawah, Dan dengan memetik satu persatu . Kenapa hal ini harus dilakukan dan tidak di Genjreng? Ini jawabannya :

Karena senar bass besar jadi harus dipetik dengan bagian kulit kemudian dipetik. Hal ini akan menghasilkan suara bass yang lebih bulat dan bernapas panjang.

2. Pickup bass gitar lebih sensitif dibandingkan dengan gitar akustik/elektrik, Jadi apabila digunakan pick maka bisa menghasilkan suara yang sedikit Noise apabila disambungkan ke amplifier khusus Gitar bass.

3. Belajar Kunci Gitar Bass :

Sebenarnya, not gitar bass tersebut sama dengan not gitar pada umumnya. Yaitu senar nomor 3, 4, 5, 6, Itu sama dengan senar bass 1, 2, 3 dan 4. Jadi notnya pun tidak berbeda.
Nada pada los senarnya pun sama, bisa dilihat di Gitar bass, Senar paling bawah atau nomor satu itu los (Tidak ditekan) akan menghasilkan nada G, Sedangkan nomor 2 bernada D, Senar ke-tiga bernada A, Dan senar ke-empat (Paling atas) bernada E.

Jangan heran kenapa gitar bass hanya dipetik satu persatu, Lalu, kunci gitar bassnya gimana ?
Jadi sebenarnya gitar bass itu 1 not = 1 kunci. Jadi, Tidak ada komposisi not untuk jadi kunci bass yang seperti kunci Gitar. Kalau gitar perlu kombinasi not agar menjadi satu kunci yang bisa di genjreng. Sedangkan gitar bass, 1 notnya sudah mewakili 1 kunci seperti di Gitar.

Lalu Bagaimana Dengan Chord Mayor/Minornya ?

Ketika gitar bermain nada mayor maupun minor, Gitar bass cukup ikuti posisinya. Contoh : Gitar A mayor (A) Jadi bassnya cukup main di not A. dan kalau Gitar A minor (Am) Ya tetap sama, Bassnya main di not A.

Demikian tutorial singkat 'belajar gitar bass otodidak'. Mau informasi lain seputar dunia musik? Kunjungi Panduan Belajar Gitar. Mudah-mudahan informasi yang saya bagikan bermanfaat untuk kita semua.
Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Belajar Gitar Bass Dengan Mudah"

Post a Comment