Panduan Belajar Gitar

Blog Ini Akan Membimbing Anda Dengan Cepat dalam bermain gitar

Cara Belajar Solo Gitar

Panduan Belajar Gitar - Cara Belajar Melodi Gitar. Gitar adalah sebuah alat musik yang sangat fenomenal, Banyak hal yang bisa kita mainkan dengan satu alat musik ini. Meski pun hanya satu, yaitu musik yang bisa dimainkan alat musik ini, Tetapi banyak sekali teknik yang bisa kita ciptakan dengan alat musik gitar.

Biasanya orang memainkan gitar hanya dengan sebuah genjrengan atau petikan, Tetapi sebetulnya masih banyak hal yang bisa kita lakukan dengan gitar ini, Misalnya dengan sebuah harmoni, melodi, dll.

Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara belajar melodi gitar ? Cara belajar melodi gitar bisa dibilang susah-susah gampang. Susah saat pertama kali memulainya, Dan gampang jika sudah mengetahui triknya.

Cara Belajar Melodi Gitar

Cara Belajar Melodi Gitar :

1. Menyiapkan Gitar Dan Diri
Alat yang harus kita siapkan terlebih dahulu adalah gitar. Boleh gitar biasa, Atau lebih baik menggunakan gitar elektrik, Bisa juga dengan menggunakan efek gitar stompbox atau efek digital lainnya.

Persiapkan juga mental dan fisik pada diri kalian. Pastikan kalian mempunyai mental baja ingin bersungguh-sungguh dalam belajar melodi gitar. Dan jangan lupa potong kuku-kuku pada jari kiri kalian. Karena jika kuku kalian panjang maka kalian akan kesulitan bermain melodi gitar dengan baik.

2. Tunning Gitar :
Pastikan gitar sudah disetem/tuning standar. Tuning gitar standar adalah E A D G B E (senar atas ke bawah) Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini.


Menyetem Gitar

Baca Selengkapnya : Cara Menyetem Gitar

3. Teknik Up Down Stroke :
Dalam bermain melodi cepat dan rumit, Para gitaris menggunakan teknik Up Down Stroke. Pertanyaannya adalah apa itu Up Down Stroke. Teknik ini adalah teknik memetik senar gitar dengan menggunakan pick/kuku dengan cara memetik ke atas dan memetik ke turun. Jika biasanya kalian hanya memetik senar ke bawah, Maka mulai sekarang ubahlah dengan memetik senar dengan cara naik turun. Dijamin dengan teknik ini kita akan lebih mudah memainkan melodi gitar.

4. Menggunakan Tabulasi Gitar :
Tab gitar sendiri adalah sebuah tab atau lebih tepatnya sebuah catatan angka dan tulisan yang mengisyaratkan kalian untuk memainkan nada-nada tertentu. Jika pada alat musik piano/organ terdxapat notasi balok, maka di gitar kita mempunyai tab gitar.

Baca Selengkapnya : Cara Membaca Tabulasi Gitar

5. Teknik Hammering Dan Sliding :
Teknik hammering adalah teknik memainkan melodi dengan cara menggeser jari dari fret satu ke fret lainnya dengan cepat. selain hammerng ada juga teknik pull-of, teknik vibrato, sliding, harmonic dan masih banyak lagi.

6. Skala Gitar :
Terakhir dan yang terpenting untuk menguasai segala macam melodi gitar adalah belajar, Menguasai dan menggunakan skala gitar.

Scale, Apa Itu Scale? bagaimana menggunakannya dalam lagu? Pertanyaan seperti ini sering sekali ditanyakan para gitaris dalam belajar memperdalam solo gitar. saat ini scale sering dianggap sesuatu yang besar bahkan seorang gitaris yang hebat dinilai dari penguasaannya terhadap scale serta variasi teknik lainnya. Lalu pentingkah belajar scale dalam bermain gitar?

Scale atau Skala bisa dibilang interval atau jarak dengan rumus tertentu. Ada ribuan variasi scale yang ada di dunia pergitaran dan tentu tidak perlu menghafalnya satu persatu. Mengapa? Karena hanya membuat kita tambah bingung, Contohnya kelompok scale Hindu raga, Japanese Scale, Arabian Scale, Jewish, Oriental, Chinese, Balinese, Pelog, Greek, dll.

Lalu apa gunanya dari scale-scale itu? scale pada dasarnya hanya membantu kita melakukan fingering secara benar. Scale yang dikenal kan sekarang adalah produk instan yang sudah di kristalkan menjadi sebuah konsep musik yang diharapkan mudah untuk dipahami. Pada kenyataannya untuk pemula yang baru belajar, Ini membuat mereka tergantung dengan pola-pola tertentu dan mulai membatasi kreativitas mereka.

Demikian artikel tentang Belajar Melodi Gitar . Semoga dapat memperdalam ilmu kalian tentang musik.

0 Response to "Cara Belajar Solo Gitar"

Post a Comment