Panduan Belajar Gitar

Blog Ini Akan Membimbing Anda Dengan Cepat dalam bermain gitar

Tips Memilih Efek Gitar

Panduan Belajar Gitar - Tips Cara Memilih Efek Gitar Yang Baik Dan Benar.
Efek gitar adalah sebuah perangkat elektronik pendukung untuk alat musik gitar. Jenis efek gitar sangatlah banyak, mulai dari efek overdrive, distorsi, wah-wah, fuzz, Dll. Jenis efek gitar juga bisa menentukan di genre musik apakah seorang gitaris bermain.
Kebanyakan musisi atau gitaris yang menggunakan efek distorsi adalah mereka gitaris yang bergelut di genre/aliran metal, hardcore, atau aliran metal lainnya. Sedangkan efek overdrive biasanya digunakan oleh para gitaris rock.

Bagi kalian yang ingin membeli efek gitar baru, pastikan anda membeli efek gitar yang sesuai dengan minat dan bakat anda di aliran musik apa. Jangan sampai anda penggila musik heavymetal tetapi malah menggunakan efek wah-wah, Ini tidak akan berguna untuk menunjang permainan gitar anda.

Selain memilih jenis efek apa yang akan kita beli memilih merk juga sangatlah penting.
Karena setiap merek/brand dari efek gitar mempunyai karakteristik suara yang berbeda,
Selain karakter suara feature-feature yang dibawakan dan harga juga berbeda pula. Di sini Panduan Belajar Gitar akan memberikan beberapa tips untuk kalian yang ingin membeli efek gitar baru atau bekas.

Tips Cara Memilih Efek Gitar Yang Baik Dan Benar.

1. Pilih efek gitar sesuai aliran musik kalian.
Sangat penting untuk memilih efek gitar sesuai dengan aliran musik yang anda geluti.
Jangan sampai anda salah pilih dalam hal ini. Tetapi perlu diketahui bahwa tips ini mungkin tidaklah perlu diperhatikan jika anda ingin membeli efek gitar digital yang biasanya terdapat berbagai macam variasi jenis efek. Tips ini hanya berlaku untuk kalian yang ingin membeli efek gitar stompbox.

2. Efek Stompbox Atau Efek Digital ?
Ini merupakan kebingungan yang banyak dialami oleh gitaris saat ingin membeli efek gitar.
Pastikan anda membeli efek sesuai dengan kebutuhan anda.


Efek Gitar Stompbox

Efek gitar stompbox adalah efek analog yang akan mengkonversi sinyal masuk dari gitar dari rangkaian yang akan kita rangkai nantinya. Rangkaian tersebut nantinya akan berpengaruh pada sound yang dihasilkan. Efek gitar stompbox memiliki harga yang berkisar antara 300 ribu (Danelectro, Behringer) Sampai 1 jutaan (Boss, Digitech). Efek stompbox memiliki suara yang memang lebih jelas dan lebih garang daripada efek digital. Ini berlaku terutama untuk jenis efek distorsi dan overdrive. Untuk kelistrikan efek stompbox bisa menggunakan sumber arus adaptor atau baterai 9 volt.

Efek Gitar Digital

Sedangkan efek digital mempunyai kelebihan dari sisi kepraktisan dan banyaknya jenis suara yang ada. Efek digital ini banyak kita temui di studio musik, dikarenakan kepraktisan dan banyaknya fitur. Cara kerja efek ini tentunya dengan sistem digital, yaitu dengan mengubah sinyal dari gitar menjadi kode-kode biner yang akan diproses oleh prosesor yang nantinya bisa diubah ke berbagai jenis suara. Efek ini sekarang cukup banyak diminati oleh gitaris yang suka memainkan berbagai aliran musik.

Tetapi untuk kualitas sound, efek ini bisa dibilang kalah jika dibandingkan dengan efek stompbox. Terutama untuk efek seperti distorsi. Efek digital cenderung mengeluarkan efek distorsi yang setengah-setengah. Tetapi untuk efek digital lain seperti wah-wah, dll jenis efek digital mungkin lebih menang. Untuk harga, efek digital mungkin lebih murah jika dibandingkan efek analog. Karena hanya membeli satu alat kita sudah mendapat berbagai variasi efek.

3. Merek Gitar
Pastikan anda memilih efek gitar yang mempunyai merk yang telah dipercaya dan banyak direkomendasikan. Merek efek gitar sangatlah berpengaruh besar, karena merk efek ini akan menentukan harga, kualitas, daya tahan/keawetan dan variasi dari efek. Efek stompbox yang biasanya banyak digunakan antara lain adalah BOSS, Digitech, atau Behringer untuk versi low end/murah. Sedangkan efek digital biasanya banyak orang memakai merk ZOOM atau VOX.

4. Kompabilitas
Pilihlah efek yang mempunyai kompabilitas atau kemampuan yang lebih mumpuni.
Kompabilitas mencakup tentang konektivitas efek ke komputer atau media lain. Memilih efek yang multi fungsi dan support banyak perangkat lebih baik daripada memilih efek yang "tak kenal kawan".

Demikian Tips Cara Memilih Efek Yang Baik Dan Benar. Jika ada tips lain yang ingin anda tambahkan silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini.
Terima kasih telah membaca artikel tips trik ini.

0 Response to "Tips Memilih Efek Gitar"

Post a Comment