Panduan Belajar Gitar

Blog Ini Akan Membimbing Anda Dengan Cepat dalam bermain gitar

Pengertian Bridge Atau Tremolo

Panduan Belajar Gitar - Pengertian Bridge/Tremolo Gitar Elektrik Dan Sejenisnya. Kebanyakan orang mempelajari gitar hanya langsung ke prakteknya saja, tanpa mementingkan teori dan pemahaman tentang gitar itu sendiri. Tentu saja ini bukanlah suatu hal yang bisa dibenarkan, karena untuk mempelajari gitar sampai mendalam anda harus mempelajari semua aspek pada gitar tersebut, termasuk istilah-istilah dan bagian-bagian pada gitar.

Baik gitar elektrik maupun akustik, pasti terdapat bagian yang dihubungkan untuk menghubungkan senar yang disebut bridge. Bridge ini berfungsi sebagai tempat menempelnya senar pada body gitar. Pada gitar elektrik, terdapat juga tremolo, Bagi anda yang belum terlalu mengetahui semua istilah di atas, Di sini Panduan Belajar Gitar akan mempelajari pengertian bridge dan tremolo pada gitar elektrik.

Bridge/Tremolo ini adalah bagian gitar yang sering luput dari perhatian. Sebenarnya bagian inilah yang paling banyak mengalami evolusi atau inovasi dari jaman dulu.
Fungsinya adalah untuk menghasilkan nada dengan merubah tegangan senar. Tipe permainan gitar anda nantinya akan dibatasi oleh tipe bridge dan tremolo yang anda pilih.

Bridge/Tremolo pada dasarnya memiliki banyak tipe, tetapi ada 3 jenis yang paling mendasar dan banyak digunakan pada gitar-gitar ternama, yaitu :

Jenis Bridge/Tremolo Pada Gitar Elektrik :


1. Tune-o-Matic Bridge (Fixed Bridge)

Tipe jenis ini paling banyak digunakan oleh gitar-gitar elektrik keluaran dari gibson. Tipe seperti ini biasanya digunakan untuk menyeting tinggi rendah senar.


Bridge Tremolo Tune O Matic

Kelebihan dari bridge tipe ini adalah tuning senar yang tidak cepat berubah serta kemudahan penggantian senar gitar.

2. Vintago Tremolo :

Tremolo adalah jenis tremolo yang menggunakan pegas pada bagian dalamnya. Pada bagian depan tremolo ini biasanya terdapat Whammy Bar. Tetapi anda hanya bisa menggerakkan Whammy bar ke bawah saja, yang biasanya digunakan untuk teknik vibrato.


Vintage Tremolo Gitar

3. Tremolo Up-Down :

Tipe tremolo ini biasanya digunakan oleh gitaris Virtuoso seperti eddie Van Halen, Joe Satriani, dll. Tremolo ini bisa digunakan untuk membuat efek-efek suara seperti Dive Bomb, Artificial harmonics dan Elephant Sound.


Tremolo Up Down Gitar
Pada bagian depan tremolo ini juga terdapat Whammy Bar yang bisa digerakkan ke atas dan ke bawah. Tetapi untuk pemasangan senar gitar biasanya memerlukan ketelitian dan waktu yang cukup lama. Untuk Menyetemnya pun membutuhkan keahlian khusus.

0 Response to "Pengertian Bridge Atau Tremolo"

Post a Comment